kalender

kalender hijriyah

jam

asmaul husna

Asmaul Husna

jadwal adzan

banner link gunadarma

"
Banner Link Gunadarma
".

universitas gunadarma

universitas gunadarma

Seguidores

Diberdayakan oleh Blogger.
Sabtu, 03 November 2012



1.)   Pengertian pasar
Pengertian secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.  
 Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
     Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain
jadi,pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
2.)  Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
  • Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
  • Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
  • Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional
3.)  Konsep – Konsep Inti  Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai kepuasan, pertukaran, transaksi dengan  hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
4.)   Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.


5.)   Bauran pemasaran (marketing mix)
Adalah seperangkat alat pemasaran taktis produk,harga,promosi,distribusi yang di padupadankan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Marketing mix merupakan jantung dari rencana pemasaran. Umumnya marketing mix ada dalam bentuk 4P (product,price,promotion,dan place), dalam perusahaan jasa kita kenal dengan istilah 7P ( 4P ditambah dengan physical edivence, people, process)
Berikut ini akan dijelaskan bauran pemasaran dalam 4P,yaitu :
1.     Product , ialah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
2.    Price, ialah sejumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk. Harga menjadi suatu ukuran tentang mutu produk bila pembeli mengalami kesulitan dalam mengevaluasi produk – produk yang kompleks.
3.    Promotion, penggunaan media promosi, seperti media elektronik dan cetak, adalah penting untuk menyampaikan pesan  tentang produk. Fungsi promosi adalah bauran pemasaran adalah untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan  setiap konsumen.
4.    Place , produk yang baik dengan harga yang wajar dan promosi yang tepat sasaran, menjadi tidak ada artinya apabila konsumen mengalami kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut. Karena itu, perusahaan harus memilih tempat yang tepat untuk memasarkan produknya.
6.)  Tujuan sistem pemasaran
-  Memaksimumkan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga pokok barang, mutu lingkungan fisik, dan mutu lingkungan kultur
-     Memaksimumkan konsumsi, kegiatan dalam pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum.
-    Memaksimumkan kepuasan konsumen, mengukur kepuasan konsumen tidak mudah perlu adanya tolak ukur kepuasan dari produk yang dibeli oleh konsumen. Kepuasan dari produk atau jasa  yang baik diimbangi oleh kejelekan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari sedikit atau banyaknya orang lain memiliki barang tersebut
7.)  Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
    
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan. Tujuan satu pendekatan akan menyinggung pula tinjauan dari pendekatan lainnya pendekatan tersebut adalah :
1.     Pendekatan serba fungsi (functional approach), jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.
2.  Pendekatan serba lembaga (institutional approach), mempelajari pemasaran dari segi organisasi atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
3.     Pendekatan serba barang (commodity approach), merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
4. Pendekatan serba manajemen (managerial approach), mempelajari dan menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang sistem pemasaran.
5.   Pendekatan serba sistem (total system approach), mencakup elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran.



SUMBER: http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://dikashadowz.blogspot.com/2011/11/pengertian-pasar-dan-pemasaran.html
http://id.shvoong.com/business-management/2003665-pengertian-pasar/
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran
buku ekonomi,cv habsa jaya,heni mulyani, neng aryanti, kurnia nandar wati
http://dalilarester.blogspot.com/2010/10/pemasaran_31.html

0 komentar: