kalender
kalender hijriyah
jam
jadwal adzan
banner link gunadarma
"
Banner Link Gunadarma
".
universitas gunadarma
Seguidores
Diberdayakan oleh Blogger.
Sabtu, 03 November 2012
1.)
Pengertian pasar
Pengertian secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara
luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Pengertian Pemasaran
Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu
proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik
produk dan nilai dengan orang lain
jadi,pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan
seseorang atau kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
2.) Jenis-Jenis
Pasar
Jenis pasar menurut bentuk
kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar
nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran
berikut ini:
- Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang
akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional
dan pasar swalayan.
- Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya
tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung
tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online,
pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara
transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar
tradisional dan pasar modern.
- Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat
tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar
secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa
barang kebutuhan pokok.
- Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern
dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan
sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan
tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis
barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya
pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut
keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual
pasar dapat dibedakan menjadi:
- Pasar Lokal
- Pasar Daerah
- Pasar Nasional dan
- Pasar Internasional
3.) Konsep – Konsep Inti Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan,
produksi, utilitas, nilai kepuasan, pertukaran, transaksi dengan hubungan
pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan
dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan
dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik
terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah
keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan
kesediaan untuk membelinya.
4.) Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran.
Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah
proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan
(actuating) dan pengawasan.
Jadi
dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar
sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
5.)
Bauran pemasaran (marketing mix)
Adalah seperangkat alat pemasaran taktis produk,harga,promosi,distribusi
yang di padupadankan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran. Marketing
mix merupakan jantung dari rencana pemasaran. Umumnya marketing mix ada dalam
bentuk 4P (product,price,promotion,dan place), dalam perusahaan jasa kita kenal
dengan istilah 7P ( 4P ditambah dengan physical edivence, people, process)
Berikut ini akan dijelaskan bauran pemasaran dalam
4P,yaitu :
1.
Product , ialah segala sesuatu yang ditawarkan ke
pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang
dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
2.
Price, ialah sejumlah uang yang harus dibayar oleh
pelanggan untuk memperoleh produk. Harga menjadi suatu ukuran tentang mutu
produk bila pembeli mengalami kesulitan dalam mengevaluasi produk – produk yang
kompleks.
3.
Promotion, penggunaan media promosi, seperti media
elektronik dan cetak, adalah penting untuk menyampaikan pesan tentang produk. Fungsi promosi adalah bauran
pemasaran adalah untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan setiap konsumen.
4.
Place , produk yang baik dengan harga yang wajar dan
promosi yang tepat sasaran, menjadi tidak ada artinya apabila konsumen
mengalami kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut. Karena itu, perusahaan
harus memilih tempat yang tepat untuk memasarkan produknya.
6.) Tujuan
sistem pemasaran
- Memaksimumkan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, harga pokok barang, mutu lingkungan fisik, dan
mutu lingkungan kultur
- Memaksimumkan konsumsi, kegiatan dalam pemasaran
adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan
produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum.
- Memaksimumkan kepuasan konsumen, mengukur kepuasan
konsumen tidak mudah perlu adanya tolak ukur kepuasan dari produk yang dibeli
oleh konsumen. Kepuasan dari produk atau jasa
yang baik diimbangi oleh kejelekan dari pencemaran lingkungan, kepuasan
yang diterima seseorang tergantung dari sedikit atau banyaknya orang lain
memiliki barang tersebut
7.) Pendekatan
dalam mempelajari pemasaran
Pemasaran dapat
dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan. Tujuan satu pendekatan
akan menyinggung pula tinjauan dari pendekatan lainnya pendekatan tersebut
adalah :
1. Pendekatan serba fungsi (functional
approach), jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan
kebiasaan dalam perdagangan.
2. Pendekatan serba lembaga
(institutional approach), mempelajari pemasaran dari segi organisasi atau
lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
3. Pendekatan serba barang (commodity
approach), merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi
tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke
konsumen akhir atau konsumen industri.
4. Pendekatan serba manajemen
(managerial approach), mempelajari dan menekankan masalah-masalah pemasaran
yang dihadapi oleh produsen sebagai kekurangan dari aspek lain tentang sistem
pemasaran.
5. Pendekatan serba sistem (total
system approach), mencakup elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran.
SUMBER: http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://dikashadowz.blogspot.com/2011/11/pengertian-pasar-dan-pemasaran.html
http://id.shvoong.com/business-management/2003665-pengertian-pasar/
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
http://syadiashare.com/jenis-jenis-pasar.html
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran
buku
ekonomi,cv habsa jaya,heni mulyani, neng aryanti, kurnia nandar wati
http://dalilarester.blogspot.com/2010/10/pemasaran_31.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar